Pusat Bahasa, Majene – kemampuan berbahasa inggris menjadi hal yang sangat penting dan di perlukan untuk mencapai cita-cita kuliah di luar negeri. Mungkin masih banyak yang bertanya, kenapa sih harus harus dapat nilai bagus di TOEFL atau IELTS biar bisa di terima di universitas luar negeri?

Biasanya standar persyaratan masuk untuk diterima masuk ke universitas luar negeri adalah TOEFL dengan skor minimal 550 (paper based) atau IELTS dengan skor minimal 6.0. Nilai minimal yang diminta bisa lebih tinggi lagi jika Anda ingin mengambil jurusan-jurusan seperti kedokteran, sastra dan hukum.
Selain itu bukan hanya nilai total yang dilihat. Setiap komponen tes, seperti listening, reading, speaking dan writing juga dipertimbangkan.
Mari kita simak yuk 3 alasan TOEFL dan IELTS sangat penting bagi kalian yang akan kuliah di luar negeri!
Studi


Seperti yang sudah kita sampaikan diatas, universitas yang menerima mahasiswa dari berbagai negara akan menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar perkuliahannya. Sehingga kemampuan bahasa inggris ini akan sangat membantu kita dalam memahami materi yang disampaikan oleh sang dosen.

Bagi teman-teman yang berniat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 atau S3, sepertinya kemampuan bahasa inggris ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Menulis buku tesis atau disertasi, menulis paper yang akan dipublikasikan dan melakukan presentasi di international conference sangat memerlukan kemampuan bahasa inggris yang layak.

Bersosialisasi




Memiliki kesempatan menempuh studi diluar negeri jangan hanya digunakan untuk kuliah saja. Bertemu dengan teman-teman dari berbagai negara merupakan kesempatan yang baik untuk menambah jaringan pertemanan kita.Bayangkan jika Anda mempunyai masalah dalam mendengar dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, tentu akan sangat susah bukan? Jika Anda ke negara yang bisa berbahasa Melayu seperti Malaysia, mungkin tidak akan terlalu menghadapi kesulitan disaat berkomunikasi di sana. Tetapi jika Anda kuliah ke negara yang berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama seperti Amerika, Australia atau Inggris, tentunya Anda akan mengalami kesulitan yang sangat besar.
Kemampuan bahasa inggris akan membantu kita untuk berkomunikasi dengan teman-teman dari berbagai negara. Jaringan pertemanan ini sangatlah penting karena akan semakin membuka peluang kita untuk mendapatkan berbagai kesempatan bagus seperti bekerja di sebuah perusahaan idaman.

Bahkan sudah banyak lho cerita orang yang bisa berkeliling dunia dengan biaya terjangkau hanya karena memiliki banyak teman dari berbagai negara.

Bekerja


Saat ini banyak perusahaan, baik perusahaan lokal maupun perusahaan internasional yang menjadikan kemampuan bahasa inggris ini sebagai persyaratan bagi calon pegawainya. Hal ini dilakukan oleh perusahaan karena pekerjaan tidak saja datang dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri.

Sehingga perusahaan pun membutuhkan calon pegawai yang mampu berbahasa inggris untuk kepentingan komunikasi dengan client yang datang dari luar negeri.

Dari ketiga alasan di atas, bisa dibayangkan betapa pentingnya menguasai Bahasa Inggris secara menyeluruh (baik dari mendengar, berbicara, memahami bacaan dan menulis) sebelum memutuskan untuk kuliah ke luar negeri. Karena akan sangat mempengaruhi kelancaran akademis dan kehidupan sosial Anda disana, dan ini bisa dibuktikan melalui sertifikat kemampuan bahasa inggris yang telah diakui oleh berbagai pihak di dunia ini. IELTS (International English Language Testing System) dan TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah dua sertifikat kemampuan bahasa inggris yang banyak diterima oleh sebagian besar universitas.

Leave a Comment